3 Tips dan Trik Bikin Performa Android Semakin Kencang

Ditulis Oleh : Nastriawan Nasrien - 10/3/2019
3 Tips dan Trik Bikin Performa Android Semakin Kencang
Android menjadi salah satu sistem ponsel yang kini digandrungi banyak orang. Bersaing dengan IOS, sistem pengoperasian Android menyajikan berbagai macam fitur dengan keunggulan yang mampu memudahkan pekerjaan sehari-hari. Saat ini, sistem operasi apa yang kamu gunakan?

Sistem operasi Android memiliki basis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Awalnya, Android dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google yang membelinya pada tahun 2005.

Dua tahun kemudian, tepatnya 2007, Android dirilis secara resmi. Momen tersebut bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, lunak, dan telekomunikasi untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64 persen pada Maret 2013. Memasuki Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android yang berbeda dengan beragam versi.

Keberhasilan sistem operasi Android, menjadikannya sebagai target ligitasi paten antar perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi sudah dipasang dari Google Play.

Semakin banyaknya pengguna, semakin membludak pula tips dan trik Android untuk menciptakan performa ponsel yang lebih kencang—baik dari segi processing hingga kecepatan internet. Gawai pintar milik kamu terasa lelet? Lakukan tips berikut:

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan


Setiap ponsel Android baru, biasanya disematkan sejumlah aplikasi besutan vendor ponsel. Padahal aplikasi-aplikasi ini jarang atau malah tidak digunakan kamu sebagai pengguna. Jangan takut, solusi utamanya adalah menghapus program tersebut.

Meski begitu, ada sejumlah aplikasi yang tidak bisa dihapus begitu saja. Tenang, kamu sebagai pengguna dapat menonaktifkan dengan cara menekan Settings > Apps. Tekan pada aplikasi yang tidak dikenal, lalu pilih Uninstall atau Disable. Cara ini terbilang mudah.

Lakukan hal serupa pada aplikasi yang kamu pasang namun jarang digunakan. Selain dengan cara di atas, kita bisa menggunakan Files Go untuk mencabut aplikasi yang jarang dipakai. Biasakan untuk menerapkan tips dan trik Android yang satu ini.

2. Optimasi Performa Lewat Baterai


Tips dan trik Android lainnya yang berguna untuk meningkatkan performa gawai pintarmu adalah optimasi performa lewat baterai. Merasa ponsel boros? Itu artinya, kamu dapat mengaktifkan fitur seperti battery saver yang akan sangat berguna pada beberapa kondisi.

Kiat yang satu ini amat penting untuk diterapkan, terlebih saat baterai sekarat dan kamu lupa membawa kabel charge ketika sedang bepergian. Jangan biarkan ponsel mati begitu saja!

Sekali lagi, perlu ditekankan bahwa Tips Android yang satu ini penting untuk menghemat baterai Android kamu saat menjelang habis atau tersisa beberapa persen saja. Atur pada sisa baterai berapa persen fitur ini akan otomatis aktif, sehingga tidak perlu dilakukan secara manual.

Perlu diketahui bahwa hampir semua atau kebanyakan aplikasi optimasi baterai cenderung kurang bermanfaat. Malah, kamu akan diserang banyak iklan penyedot paket data. Guna mengatasi problematika ini, sebaiknya hapus saja dan pakai perangkat bawaan.

3. Memantau Penggunaan Data Internet


Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan data internet mampu memengaruhi cepat atau lambatnya proses pengolahan data di gawai pintar. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin besar pula penggunaan data internet.

Mulai sekarang, kamu tidak boleh mengabaikan hal ini. Pantau pemakaian kuota Internet Android kamu dengan mengakses menu Settings, lalu buka Data Usage. Lihat pemakaian data pada jaringan mobile dan Wi-Fi.

Untuk penggunaan data dalam kapasitas besar, biasakan akses lewat Wifi. Namun tak jarang, beberapa aplikasi bisa kamu lakukan secara offline misalnya platform desain Canva, game tertentu, dan lain-lain. Yuk, terapkan tips dan trik Android di atas dari sekarang!

Share Yuk