4 Cara Mengatasi Tombol Home dan Back HP Android Rusak

Ditulis Oleh : Nastriawan Nasrien
4 Cara Mengatasi Tombol Home dan Back HP Android Rusak
Tombol home dan back merupakan dua tombol yang sangat berguna dalam penggunaan HP Android. Tombol home digunakan untuk kembali ke layar utama, dan tombol back digunakan untuk kembali ke menu sebelumnya di dalam aplikasi.

Tanpa kedua tombol ini tentu saja kita akan kesulitan dalam menggunakan smartphone Android. Nah, jika HP kamu mengalami masalah pada kedua tombol tersebut yang dimana tiba-tiba tidak berfungsi atau lambat respon, kali ini Hapedroid punya solusinya.

Untuk itu, yukk simak berikut ini ulasan mengenai cara mengatasi tombol home dan back yang rusak pada perangkat Android.

1. Hapus Aplikasi yang Baru Dipasang


Dalam sistem Android, ketika terdapat aplikasi yang tidak kompatibel maka dapat mempengaruhi kinerja smartphone Android kita, termasuk tombol-tombol yang ada di Android.

Oleh karena itu, jika tombol home dan back kamu tidak berfungsi, coba kamu hapus aplikasi yang baru saja dipasang, karena mungkin saja aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan perangkat Android kamu.

2. Reset Pengaturan Android ke Default


Selain aplikasi yang tidak kompatibel, setelan yang tidak tepat pada perangkat Android juga dapat mempengaruhi hilangnya fungsi tombol home dan back di ponsel Android.

Hal ini dikarenakan adanya fitur perizinan aplikasi dimana setiap aplikasi yang terinstal di ponsel Android dapat mengubah setelan HP Android ketika kamu memberikan izin akses.

Berhubung karena kita biasanya tidak memperhatikan sistem perizinan aplikasi ketika menginstal aplikasi, maka bisa saja hal tersebut yang menjadi penyebab tombol home dan back tiba-tiba tidak berfungsi.

Jadi, coba kamu reset pengaturan HP Android kamu ke pengaturan awal atau default. Caranya masuk ke menu pengaturan HP kamu, lalu cari menu Reset Pengaturan. Biasanya menu reset pengaturan ini berada didekat menu reset HP ke pengaturan pabrik.

3. Factory Reset


Jika kamu sudah melakukan kedua cara diatas namun tombol home dan back masih belum berfungsi, tenang dulu karena masih ada beberapa cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, salah satunya yaitu dengan melakukan factory reset.

Dengan factory reset, seluruh sistem Android kamu akan dikembalikan ke keadaan semula seperti kondisi HP Android kamu ketika baru dibeli.

Namun, sebelum melakukan cara ini sebaiknya kamu amankan data kamu terlebih dahulu, karena dengan cara ini maka seluruh data baik file foto, video, kontak maupun aplikasi akan terhapus. Jadi, ada baiknya kamu pindahkan data-data penting kamu dulu di laptop atau di ponsel lain.

4. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Home dan Back


Ada banyak penyebab tombol home dan back Android rusak tidak berfungsi. Jika kamu telah melakukan ketiga cara sebelumnya namun tetap saja tidak bisa berfungsi, mungkin saja karena tombolnya memang sudah aus (rusak secara fisik).

Kalau memang masalah ini terjadi pada Android kamu, maka kamu bisa melakukan alternatif lain yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa menjadi pengganti tombol home dan back di HP Android kamu.

Ada banyak aplikasi yang dapat menggantikan fungsi tombol home dan back di Android, salah satu aplikasi yang familiar digunakan yaitu Assistive Touch yang bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore.

Jika kamu kenal dengan perangkat iPhone, maka aplikasi Assistive Touch ini fungsinya mirip seperti iPhone, akan ada tombol virtual yang akan melayang di ponsel kamu yang dapat kamu pindahkan dibagian layar manapun sesuai yang kamu mau.

Selain aplikasi Assistive Touch, masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan, seperti aplikasi Navigation Bar, Soft Keys, dan Back Button. Silahkan kamu cari di Playstore dengan mengetiikan kata kunci nama aplikasi tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika tombol-tombol pada Android kamu rusak atau tidak berfungsi. Entah itu tombol home, back atau bahkan keduanya. Semoga bermanfaat.

Share Yuk

Copyright © 2020 HapeDroid.com