4 Cara Mudah Mengatasi HP yang Tidak Bisa di Cas

Ditulis Oleh : Nastriawan Nasrien
4
Masalah menyebalkan yang biasa dialami oleh pengguna ponsel adalah saat ponsel tersebut tidak bisa di cas. Padahal baterai sudah merah, namun saat disambungkan ke charger ternyata tidak mengisi daya.

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi. Misalnya kabel cas yang bermasalah atau sudah rusak, atau bahkan konektor cas pada ponsel kamu yang rusak.

Masalah ini seringkali dialami terutama bagi orang yang sering bermain game di ponsel sambil men-charger, selain dapat beresiko terjadinya masalah ponsel tidak bisa di cas, baterai ponsel juga bisa cepat aus dan tidak bisa menyimpan daya.

Jika kamu mengalami masalah ponsel yang tidak bisa di cas, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak ulasan Hapedroid berikut ini.

1. Matikan dan Nyalakan Kembali Ponsel


Ada banyak sekali fungsi dan manfaat melakukan restart pada ponsel. Ketika kamu melakukan aktivitas dalam ponsel baik itu bermain game, chatting, atau hal lainnya, ponsel akan selalu bekerja untuk memenuhi permintaan kamu.

Ketika sistem pada ponsel sedang memproses, kadangkala mengalami bug atau error yang tidak dapat kita sadari. Nah, untuk itu me-restart sangat penting untuk menyegarkan kembali sistem pada ponsel.

Sama halnya ketika ponsel tidak bisa di cas, jika kamu mengalami hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu kamu me-restart ponsel kamu yang mungkin saja penyebab tidak bisa di cas karena terjadi error pada sistem. Oleh karena itu silahkan coba restart ponsel kamu.

2. Periksa Kabel Cas


Jika kamu sudah mencoba cara pertama namun ponsel masih tidak bisa di cas, silahkan kamu periksa kabel cas ponsel kamu. Mungkin saja kabel cas sudah rusak atau kabel kecil didalamnya sudah kusut atau putus.

Kamu bisa menguji kabel cas masih berfungsi atau tidak dengan cara meminjam ponsel teman kamu lalu mencoba men-charger menggunakan kabel cas kamu. Jika tidak bisa mengisi berarti memang masalahnya ada pada kabel cas. Namun jika sebaliknya, berarti masalahnya terdapat pada ponsel kamu.

3. Gunakan Kabel Cas Lain


Silahkan kamu coba gunakan kabel cas lain untuk memastikan bahwa memang betul-betul masalah terdapat pada ponsel kamu, bukan pada charger.

Kamu bisa meminjam charger ponsel teman atau keluarga kamu, lalu coba gunakan charger-nya untuk mengisi daya ponsel kamu. Jika memang tetap tidak bisa, silahkan menuju ke tahap selanjutnya.

4. Ganti Konektor Cas pada Ponsel


Setelah kamu mencoba menggunakan charger lain namun tak kunjung bisa, itu menandakan bahwa masalahnya berada pada konektor cas ponsel kamu. Konektor cas ini ialah lubang yang biasa kita gunakan untuk mencolok kabel cas.

Konektor cas itu cepat rusak terutama jika kamu sering menggunakan ponsel sambil men-cas, apalagi jika sambil bermain game. Tanpa disadari terkadang ponsel kita tarik atau goyangkan sehingga membuat konektor cas didalamnya bengkok dan patah.

Nah, jika hal tersebut yang terjadi maka solusinya yaitu mengganti konektor cas. Untuk mengganti konektor cas tentu harus membuka isi dalam ponsel dan itu tidaklah mudah. Jadi, saran saya bawa ke tukang service untuk mengganti konektor cas ponsel kamu.

Nah, itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi masalah HP yang tidak bisa di cas. Sayangilah ponsel kamu dengan cara penggunaan yang sesuai dan tidak berlebihan jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Share Yuk

Copyright © 2020 HapeDroid.com