Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Mengirim File

Ditulis Oleh : Nastriawan Nasrien
Cara Mengatasi Bluetooth tidak Bisa Mengirim File
Bluetooth merupakan salah satu fitur pada smartphone yang berguna untuk mengirim file ke sesama pengguna, mulai dari video, musik, gambar, dokumen, dan banyak lagi. Sampai saat ini, bluetooth masih sering digunakan sebagai media berbagi file jarak dekat oleh para pengguna.

Namun, sebagian pengguna terkadang mengalami masalah tidak dapat mengirim file melalui bluetooth, menjadi error hingga force close.

Umumnya, beberapa hal yang menyebabkan bluetooth error atau tidak dapat mengirim file pada Android terjadi karena menumpuknya cache file dan sudah root sehingga membuat beberapa fitur menjadi tidak berfungsi, berhenti tiba-tiba dan tidak dapat dibuka atau error.

Tenang saja, berikut ini Hapedroid akan membagikan solusi mengatasi bluetooth Android tidak dapat mengirim file.

Cara Mengatasi Bluetooth Android tidak Bisa Mengirim File

1. Bersihkan Cache


Membersihkan cache memori merupakan solusi pertama dalam mengatasi bluetooth yang tidak dapat mengirim file. Salah satu cara termudah dan tercepat yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache yaitu dengan menggunakan aplikasi cleaner.

Saat ini sudah banyak aplikasi pembersih cache yang beredar di Play Store yang bisa kamu gunakan secara gratis seperti, Clean Master, Nox Cleaner, dan masih banyak lagi.

2. Menghapus Data Aplikasi


Menghapus data aplikasi merupakan cara yang tergolong ampuh untuk mengatasi masalah bluetooth yang error. Menghapus data aplikasi bertujuan untuk membersihkan file serta data aplikasi yang bersifat sementara, misalnya cache, history dan basis data.

Untuk menghapus data aplikasi kamu masuk pada menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > cari aplikasi Bluetooth, setelah itu klik Paksa Berhenti serta Hapus Data.

3. Restart Smartphone Android


Apabila cara kedua tidak kunjung berhasil, maka selanjutnya kamu lakukan yaitu dengan me-restart smartphone kamu. Kemudian kamu juga cabut sim card, memori card, serta baterai (jika bukan baterai tanam). Setelah itu diamkan beberapa saat lalu pasang kembali dan aktifkan smartphone kamu.

4. Unroot Smartphone Android


Apabila kamu pernah melakukan rooting sebelumnya, dan semenjak saat itu bluetooth smartphone kamu tidak dapat mengirim file, maka silahkan kamu Unroot smartphone Android kamu kembali.

Tak jarang kamu dapat mengontrol semua aplikasi dengan melakukan root. Namun, terkadang melakukan root justru akan membuat beberapa fitur menjadi error atau tidak berfungsi selayaknya.

5. Lakukan Factory Reset


Apabila kamu telah mencoba ke empat cara di atas, namun tak kunjung membuahkan hasil, maka jalan terakhir yang harus kamu tempuh adalah dengan melakukan Factory Reset.

Namun, perlu kamu tahu dengan factory reset semua data serta aplikasi pada smartphone kamu akan hilang. Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan factory reset, sebaiknya kamu backup data terlebih dahulu, kamu bisa pindahkan data kamu di komputer atau laptop.

Setelah itu, lakukan factory reset dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Pengaturan tambahan > Buat cadangan dan reset, kemudian tap Kembalikan ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan factory reset, maka smartphone kamu akan fresh kembali seperti masih baru, sehingga fitur-fitur yang tidak berfungsi dalam hal ini bluetooth, bisa pulih kembali.

Nah, itulah tadi beberapa solusi tentang cara mengatasi bluetooth yang tidak dapat mengirim file di Android. Semoga bermanfaat.

Share Yuk

Copyright © 2019 HapeDroid.com