Cara Menghemat Baterai Android Saat Bermain Game

Ditulis Oleh : Nastriawan Nasrien - 5/1/2019
Cara Menghemat Baterai Android Saat Bermain Game
Bermain game lewat smartphone Android memang menyenangkan, namun apabila muncul peringatan baterai lemah tentunya akan membuatmu merasa kesal.

Yap, memang Hp Android pasti akan terjadi baterai lemah, namun jika peringatan tersebut muncul dengan waktu yang singkat, itu berarti ada masalah pada smartphone kamu sehingga menyebabkan baterai boros.

Selain bermain game tentunya akan menghambat kamu dalam beraktivitas yang berkaitan dengan smartphone. Tapi tenang saja, karena pada kesempatan kali ini Hapedroid akan membagikan tips cara untuk menghemat baterai Android saat bermain game.

Cara Menghemat Baterai Android Saat Bermain Game
Dengan tips berikut, setidaknya dapat membantu kamu untuk lebih menghemat penggunaan daya baterai di smartphone kamu, sehingga waktu kamu bermain game bisa lebih lama. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Nonaktifkan Aplikasi di Latar Belakang


Salah satu faktor yang menyebabkan baterai Android cepat habis adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Jenis aplikasi yang seringkali aktif dan menguras banyak baterai di latar belakang adalah aplikasi sosial media.

Hal ini dikarenakan aplikasi sosial media akan terus mengupdate interaksi yang berhubungan dengan akun sosial media kamu. Maka dari itu, sebelum kamu bermain game sebaiknya kamu nonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan terutama aplikasi sosmed seperti Facebook, Twitter, dll.

Untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan dilatar belakang kamu masuk ke menu Pengaturan -> Aplikasi -> Menjalankan -> Pilih aplikasinya -> Paksa berhenti.

2. Atur Tingkat Kecerahan Layar


Kecerahan layar juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan baterai smartphone jadi boros. Semakin terang pengaturan kecerahan layar Android kamu maka semakin boros.

Maka dari itu, aturlah tingkat kecerahan layar serendah mungkin pada smartphone kamu, selain menghemat baterai juga menjaga mata kamu agar tetap sehat.

3. Matikan Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi


Aktifnya fitur seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi juga dapat menguras daya baterai pada smartphone kamu. Karena saat sedang aktif, fitur tersebut akan terus bekerja mencari sinyal meskipun tidak kamu gunakan.

Untuk itu, pastikan fitur tersebut nonaktif, dan cukup nyalakan jika kamu memerlukannya.

4. Menurunkan Kualitas Grafis Game


Kualitas grafis game yang besar tentunya membutuhkan data internet yang banyak. Sehingga membuat smartphone akan terus bekerja.

Hal inilah yang dapat menguras banyak daya baterai smartphone kamu, selain itu juga dapat menyebabkan smartphone kamu cepat panas.

Maka dari itu, jika memungkinkan turunkan tingkat kualitas grafis pada game Android yang kamu mainkan, namun jika tidak tersedia fitur grafis sebaiknya kamu membatasi waktu bermain, karena itu hanya akan memperburuk smartphone kamu.

Nah, mungkin itulah beberapa tips cara ampuh untuk menghemat baterai smartphone Android saat bermain game. Semoga bermanfaat.

Share Yuk