Cara Menjadikan HP Android Sebagai Remote Televisi

Ditulis Oleh : Nastriawan Nasrien
Cara Menjadikan HP Android Sebagai Remote Televisi
Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengganti channel TV karena disebabkan remote TV kamu rusak atau hilang maka salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan smartphone Android sebagai remote TV.

Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini apapun bisa kita manfaatkan untuk mempermudah aktivitas kita, terutama pada teknologi smartphone yang makin hari makin berkembang.

Tentunya dengan cara ini kamu tidak perlu lagi membeli remote TV yang hilang atau rusak, cukup memanfaatkan HP Android kamu, maka kamu sudah bisa mengubah channel TV kamu kapanpun sesuka hatimu.

Untuk menjadikan smartphone Android sebagai remote televisi, sebelumnya kamu membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dirancang berfungsi pengubah channel TV, aplikasinya yaitu ZaZa Remote. Selain TV, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk meremote peralatan rumah tangga lainnya, seperti AC, Proyektor, dan DVD.

Nah, jika kamu sudah penasaran ingin tahu bagaimana cara menjadikan HP Android sebagai remote TV, langsung saja yukk simak penjelasan saya berikut ini.

Cara Mudah Menjadikan Android Sebagai Remote TV
Sebelum kamu mencoba memanfaatkan HP Android kamu sebagai remote alat elektronik, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua smartphone Android bisa digunakan sebagai remote, hanya HP Android yang memiliki fitur IR (Infrared) saja yang bisa kamu jadikan remote.

Apabila kamu tidak tahu HP kamu punya Infrared atau tidak, tidak ada salahnya juga kamu coba. Nah, langsung saja berikut ini langkah-langkah menjadikan HP Android sebagai remote TV:
  • Download aplikasi ZaZa Remote di Play Store lalu instal seperti biasa.
  • Buka aplikasinya, kemudian klik Add remote dibagian bawah.
  • Pilih salah satu jenis alat elektronik yang akan kamu remote, misalnya TV, AC, Proyektor, DVD, Aplifier, dll. Berarti disni kamu pilih TV.
  • Kemudian pilih huruf pertama jenis merek TV yang ingin kamu remote. Misalnya, pilih L untuk menemukan merek LG, S untuk merek Sharp, dan merek lainnya.
  • Setelah kamu pilih merek perangkat kamu, langsung saja klik OK.
  • Selanjutnya kamu mulai mencoba remote TV kamu dengan menekan tombol power, apabila sudah ada respon, berarti kamu sudah berhasil menggunakan Android sebagai remote.

Mudahkan, menjadikan HP Android sebagai remote televisi, dengan begitu kamu tidak perlu susah-susah lagi mencari remote TV apabila kehilangan, cukup buka HP Android kamu, maka kamu bisa mengganti channel TV kapanpun dan dimanapun.

Nah, itulah tadi tips cara menjadikan HP Android sebagai remote TV dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share Yuk